musisi macam macam genre musik

10 Macam Genre Musik Lengkap dengan Contohnya

Suka dengerin lagu? tahu kan genre musik banyak macamnya. Contohnya pop, country, dan jazz. Yuk, baca daftar jenis genre musik terlengkap!
Home » Seni » Genre Musik

Jenis Genre Musik — Selain mengobati kejenuhan dan memberi ketenangan jiwa, seni musik merubah cara kita dalam berkomunikasi. Kombinasi suara vokal serta instrumental itu bagaikan wadah yang menampung gagasan dan perasaan manusia.

Sebagai alat komunikasi, musik berperan sebagai cerminan proses berpikir dan emosi seseorang. Layaknya bahasa, musisi bisa mengisyaratkan pesan mereka dengan memanipulasi karakteristik suara yang mereka ciptakan.

Karakter suara inilah yang membedakan macam genre musik satu dengan yang lainnya. Ambil saja musik galau, pasti temponya pelan dan lantunannya melambai-lambai.

Kamu pencinta musik? Pasti tahu dong, kalau aliran musik ada banyak macamnya. Dalam artikel ini, SapaKreatif akan merangkum seluruh jenis genre dan subgrene musik yang ada di dunia. Yuk, catat!

Apa itu Genre Musik?

Sebelum menyebutkan seluruh jenis aliran musik yang ada dunia, ada baiknya kita melacak asal-usul terminologinya terlebih dahulu. Secara epistemologis, genre berasal dari istilah bahasa latin ‘genus’, yang berarti golongan atau ragam; dan definisi musik ialah suara vokal dan instrumental yang diciptakan untuk membuat keindahan atau menyampaikan pesan.

Secara teoritis, pengertiannya telah dibahas beberapa kali oleh berbagai ahli dalam bidang musik. Menurut Jeff Blimes dalam A Model for Musical Rythm (1992), sebuah genre berguna untuk mengelompokan sesuatu berdasarkan struktur, fungsi, maupun tema.

Lalu, apa yang dimaksud dengan genre musik? Berkaca dari pemahaman di atas, genre musik adalah sistem pengelompokan musik berdasarkan kemiripan dalam karakteristik suara maupun topik pembicaraan pesan. Namun, kriteria pengelompokan tersebut tidak berdasarkan fakta obyektif, melainkan konstruksi masyarkat melalui proses sosial-budaya.

Jenis-Jenis Musik

Sehabis belajar definisi formal genre musik, kita bakal membuat daftar nama-nama aliran musik yang ada dan menyebutkan contohnya. Jika ada yang kurang, langsung tambahkan di kolom komentar, ya!

1. Genre Musik Pop

Pop merupakan aliran musik populer yang disukai khalayak luas dalam rentang waktu tertentu. Genre lagu pop sifatnya komersil karena diciptakan untuk meraup untung dari sebanyak-banyaknya pendengar.

Genre pop menggaet jumlah pendengar yang masif karena lirik dan melodinya dekat dengan kehidupan sehari-hari penikmatnya. Maka dari itu, komposisinya cenderung sederhana, sehingga irama dan liriknya mudah dihafal dan diikuti.

Contoh genre lagu pop dan musisinya adalah Butter karya BTS, Despacito karya Justin Bieber, dan Berita Kepada Kawan karya Ebiet G. Ade.

Baca lagi tentang “Musik Pop: Pengertian, Ciri, Sejarah, Penyanyi, dan Contoh”

2. Genre Musik Jazz

Jazz ialah genre lagu yang lahir di Amerika Serikat, tepatnya di kota New Orleans pada abad ke-20. Ini bukan genre yang main-main, seluruh pelosok dunia telah jatuh cinta oleh lantunan merdu yang membuat hati terasa melayang.

Aliran musik jazz merupakan perpaduan antara swing, blues, dan ragtime. Menariknya, musik khas Amerika ini berakar dari budaya Eropa dan Afrika.

Contoh genre jazz dan pencipta lagunya ialah Could It Be oleh Raisa, La vie en Rose milik Louis Armstrong, dan Out of Nowhere karya Charlie Parker.

Baca lagi artikel tentang “Musik Jazz Adalah: Pengertian, Sejarah, dan Tokoh

3. Genre Musik Klasik

Musik klasik adalah tipe musik yang paling bernilai jika diukur tingkat keseniannya. Inilah alasan mengapa bentuk musik lain selalu dibanding-bandingkan dengan klasik. Ambil saja genre “pop”, disematkan istilah ‘populer’ karena secara estetika dan intelektual tidak serumit lagu klasik.

Lagu klasik adalah aliran yang berawal di Eropa Barat, tepatnya pada abad pertengahan. Komposisi awal lagu klasik yang lahir dalam jangka waktu ini merupakan lagu gereja untuk memuja Tuhan Yesus Kristus.

Seiring dengan perkembangan zaman, pengaruh gereja mulai hilang dari musik klasik. Alasannya karena gereja bukan lagi pemberi modal tunggal dari proses produksi karya-karyanya. Saat ini, banyak institusi atau bahkan individu yang melimpahkan modal mereka kepada para musisi klasik.

Aliran musik klasik merupakan kategori yang luas, karena bercabang menjadi berbagai macam subkategori. Kesalahan orang awam adalah memanggil semua simfoni yang memainkan instrumen orkestra sebagai “musik klasik”, padahal tidak seperti itu karena jenis ini memiliki banyak subgenre.

Para ahli mengelompokan genre ini berdasarkan periode, contohnya komponis dan subgenrenya adalah:

  • Claudio Montverdi dan Arcangelo Corelli dalam periode Barok
  • Joseph Haydn dan Antonio Salieri dalam periode Klasik
  • Franz Lizst dan Giuseppe Verdi dalam periode Romantis
  • Copland dan Holst dalam periode Modern

4. Genre Musik Country

Jenis musik country merupakan kombinasi antara beberapa aliran di Amerika Serikat; yakni bluegrass, folk, dan gospel. Musik yang cenderung mempunyai karakter suara yang cerah dan gembira ini berasal dari daerah AS bagian negara selatan, utamanya Texas.

Istilah “musik country” mulai naik daun di pertengahan abad ke-20 untuk menggantikan terminologi “hilbilly” yang dianggap merendahkan. Musik yang seringkali terdiri dari kidung dan senam berirama ini dimainkan dengan instrumen tiup hingga senar petik.

Saat ini, genre lagu country merujuk kepada banyak gaya dan subgenre, karena itu jenis musik ini menjadi salah satu yang paling populer di dunia. Walaupun tidak terlalu tenar di tanah air, penyanyi dan musisi country yang paling masyhur ialah Tantowi Yahya, Iwan Fals, Kenny Rogers, dan Carrie Underwood.

5. Genre Indie

Sebenarnya, indie atau independen bukan sebuah genre. Kesalahpahaman ini wajib diluruskan, karena musik independen adalah karya apapun yang diproduksi dan didistribusikan secara mandiri.

Kata ‘indie’ sebetulnya berfungsi sebagai kata keterangan, seperti “rock indie” atau bahkan “pop indie”. Istilah tersebut sebetulnya berawal dari industri sinema untuk merujuk pada film-film keluaran studio independen. Contoh musik indie adalah Berjalan Lebih Jauh oleh Banda Neira dan I Remember oleh Mocca.

6. Genre Musik Rock

Rock merupakan salah satu aliran musik terbesar di jagat raya. Saking tenarnya, tim penulis SapaKreatif bisa menyusun satu ensiklopedia berisi serba-serbi musik rock dan subgenrenya. Agar tidak bertele-tele, baiknya kita persingkat penjelasannya dalam artikel ini.

Lagu rock berevolusi secara langsung dari genre blues. Musik ini naik daun di era 1950-an di Amerika Serikat dan Britania Raya. Dari London, barulah musik rock secara perlahan menggurita dan mencuri hati seluruh pendengar asal Eropa.

Genre lagu ini terkenal dengan semangat yang membara dan teknik bermain yang cenderung ganas. Walaupun sempat berjaya, belakangan ini musik rock kehilangan masa keemasannya. Melansir dari Musicianwave, perkembangan rock menjadi stagnan dan kehilangan corak ‘memberontaknya’.

Beberapa contoh musisi rock legendaris yang telah berhenti memproduksi musik adalah Guns N Roses, Metallica, dan Scorpion.

7. Genre Musik Blues

Blues awalnya merupakan musik sekuler tradisional yang dibuat oleh komunitas Afrika-Amerika di abad ke-20. Aliran simpel tapi ekspresif ini berevolusi menjadi pondasi dari musik populer seperti jazz, rock, dan country.

Sebagai musik tradisional, blues sarat dengan lagu-lagu rakyat disebarkan turun-temurun. Maka dari itu, liriknya sangat fleksibel dan menyesuaikan dengan selera tiap musisi. Contoh musik blues favorit SapaKreatif adalah Inner City Blues karya Marvin Gaye yang menjadi salah satu lagu radio di game Grand Theft Auto 4.

8. Genre Musik R&B

Seperti Blues dan Country, R&B adalah aliran musik yang berutang banyak kepada komunitas kulit hitam di Amerika Serikat. Genre yang berakar dari gospel, jazz, dan folk ini muncul dan berkembang bersama-sama dengan rock and roll.

Generasi awal R&B banyak direkam di Los Angeles oleh label musik independen. Setelah aliran R&B sudah cukup dewasa, orang mulai mengasosiasikan aliran ini dengan ‘musik orang berkulit hitam’.

Hampir sama juga dengan rock and roll, musisi R&B tidak menulis musik mereka untuk pendengar remaja bahkan anak-anak, karena liriknya banyak mengandung kekerasan orang tua dan “cinta pertama”. Contoh musik R&B yang paling tokcer pada masanya adalah No Diggity oleh Blackstreet dan Doo Woop oleh Lauryn Hill.

9. Genre Musik Reggae

Musik reggae bersemi di tanah Jamaika pada akhir tahun 1960-an. Sepuluh tahun kemudian, penikmat musik sekitar Britania Raya, Amerika, hingga Afrika telah berjoget ria beriringan dengan aliran reggae.

Melansir dari Britannica, genre ini berkembang dari sebuah aliran Jamaika tradisional bernama ska. Banyak orang mengaitkan genre ini dengan hal-hal berbau ghetto dan gangster.

Aliran ini punya fungsi yang unik, selain untuk menghibur, musisi reggae sering menyematkan pesan-pesan politis. Contoh musisi reggae yang paling terkenal selain Bom Marley adalah Toots and Maytals yang menulis lagu 54-56 (That’s My Number) dan Jimmy Cliff dengan lagu pamungkasnya yang berjudul The Harder They Come.

10. Genre Lagu Bossa Nova

Bossa Nova merupakan aliran musik asal Brazil yang terinspirasi dari jazz dan samba. Dalam bahasa gaul orang Brazil, kata bossa berarti “melakukan sesuatu dengan pesona”.

Contoh musisi paling berbakat di ranah Bossa Nova adalah Antonio Carlos Jobim dan Joao GIlberto.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.