louis armstrong bermain saxofon

Musik Jazz Adalah: Pengertian, Sejarah, dan Tokoh

Jazz merupakan salah satu genre yang berperan besar dalam perkembangan seni musik Amerika Serikat. Pada artikel ini kita akan membahas definisi, sejarah, karakteristik, dan contoh karya jazz.
Home » Seni » Musik Jazz

Jazz merupakan salah satu genre yang berperan besar dalam perkembangan seni musik Amerika Serikat. Pada artikel ini kita akan membahas definisi, sejarah, karakteristik, dan contoh karya jazz.

Pengertian Musik Jazz

Apa itu jazz? ini merupakan pertanyaan yang cukup sulit. Musisi di seluruh dunia masih memperdebatkan definisinya secara filosofis maupun praktis.

Ada yang mengatakan bahwa definisi jazz hanyalah sebuah mindset atau cara berpikir, namun beberapa ahli mendefinisikannya sebagai aliran musik yang memiliki sebuah pola suara dan aturan bermain.

Secara sederhana, musik jazz adalah genre yang memprioritaskan elemen improvisasi. Sebagai bentuk kesenian, jazz adalah aliran yang cukup komunikatif karena mampu mengekspresikan canda tawa hingga sedu sedan. Karena sejarahnya terikat dengan perbudakan ras kulit hitam di Amerika Serikat, jazz menjadi medium untuk menyuarakan narasi kebebasan bagi kaum minoritas yang tertindas.

Definisi Jazz Menurut Para Ahli

Definisi terminologi “jazz” saat ini kurang memuaskan dan asal-usulnya sangat ambigu. Celah ini menciptakan kontroversi diantara musisi dan sejarawan.

Dari sumber akademik yang telah kami periksa, sangat sulit menemukan satu definisi yang kongkrit. Berikut adalah sederet definisi jazz yang kami kumpulkan dari berbagai sumber:

  • Sigmund Spaeth: Menurut Spaeth dalam Jazz Is Not Music (1928), jazz itu bukan bentuk, melainkan sebuah pendekatan terhadap musik. Inilah alasan kenapa komposisi apapun bisa diubah menjadi serupa dengan jazz.
  • Virgin Thompson: Thomspon dalam American Mercury (1924), bahwa jazz adalah genre yang memiliki ritme fox trot dan penerapan sinkopasi pada melodi di atas ritme.
  • Willie Ruff: Mengutip Ruff dalam Jazz for Juniors (1958), pada utamanya jazz merupakan luapan perasaan seorang musisi saat memainkan instrumennya. Jazz tidak ditulis secara formal, melainkan dirasakan melalui teknik improvisasi.

Sejarah Musik Jazz

Berawal dari ras minoritas di negeri Paman Sam di awal abad ke-20, jazz merupakan salah satu seni musik paling tua sepanjang sejarah.

Genre yang terkenal kompleks ini, berutang budi pada kelompok masyarakat kulit hitam di negara Amerika Serikat, tepatnya di kota New Orleans.

Sejarah jazz sangat rumit karena perkembangannya melalui banyak perubahan dan setiap percabangan menghasilkan sub-genre baru. Untuk mempermudah, SapaKreatif mengkategorisasi sejarah jazz ke dalam beberapa periodisasi:

  • Proto-Jazz (1890-an hingga 1990 awal): Periode paling dahulu melahirkan sebuah genre bernama ragtime, ditandai dengan rilisnya komposisi berjudul Harlem Rag kreasi Tommy Turping pada 1892. Momentum tertinggi aliran ini berpuncak pada ujung abad ke-19 hingga awal abad ke-20, dengan Scott Joplin yang memimpin gerakan ini.
  • Era Jazz Muda (1910-an): Sekitar tahun 1910, lahir sebuah sub-genre bernama dixieland yang mengeksplorasi jazz secara lebih mendalam. Jazz dixieland yang menetas di daerah Louisiana, mulai populer di area lain di Amerika Serikat seperti Chicago sampai New York.
  • Era Jazz Swing (1920-an): Sepanjang periode ini, jazz mulai berevolusi menjadi swing. Lantunan komposisi jazz pada zaman ini cenderung simpel dan mengutamakan pada penggunaan instrumen tiup dan improvisasi melodi. Swing sempat meledak akibat talenta muda seperti Frank Sinatra, Chet Baker, dan Ella Fitzgerald.
  • Era Depresi Besar dan Perang Dunia II (1930-1940-an): Kisaran masa ini adalah surga bagi sub-genre jazz baru. Sub-genre seperti Kansas City Jazz, Gypsy Jazz, hingga Bebop turut meramaikan khazanah Jazz.
  • Jazz Modern (1970-Saat Ini): Periode ini ditandai dengan kecenderungan berimprovasi yang berkurang dan menukarnya dengan melodi. Pada era modern, jazz mulai dikawinkan dengan musik arus utama, seperti pop, R&B, hingga funk.

Ciri Musik Jazz

Sebagai genre, jazz memiliki karakteristik yang sangat unik. Harus diingat bahwa kamu bisa mengidentifikasi jazz jika memerhatikan teknik bermain musisinya. Ciri khas musik jazz antara lain adalah: Improvisasi, Sinkopasi, dan Swing.

  • Improvisasi: Penanda unik jazz adalah improvisasi, dimana para musisi menyanyi dan memainkan instrumen secara spontan tapa persiapan tertulis.
  • Sinkopasi: Karakteristik jazz berikutnya adalah genre ini mempunyai suara tempo yang kencang. Teknik ini memiliki istilah “sinkopasi” atau penekanan pada not-not tertentu sehinga lantunannya membuat pendengarnya ingin berdansa dan menghentakan kaki seirama dengan musik.
  • Swing: Jazz dikatakan memiliki kualitas swing karena lantunan iramanya melambai-lambai.

Alat Musik Jazz

Apa saja instrumen yang kerap dipakai dalam pertunjukan jazz? Lima alat musik jazz yang wajib kamu ketahui adalah: saksofon, perkusi, violin, piano, dan gitar.

  • Saksofon: Alat musik tiup ini secara teknis berasal dari negara Belgia, namun diadopsi oleh komponis Amerika Serikat dan menjadi instrumen terpopuler di genre jazz.
  • Perkusi: Mulai dari simbal, triangle, hingga xylophone adalah alat perkusi yang merupakan bagian dari keluarga besar instrumen jazz.
  • Violin: Alat musik gesek ini adalah instrumen wajib dalam seluruh pertunjukan jazz. Beberapa musikus biola populer ialah Noel Pointer, Svend Asmussen, dan Jean-Luc Ponty.
  • Piano: Berdasarkan sejarahnya, piano adalah anggota paling baru dalam instrumen jazz. Pada tahun 1920-an, musisi yang memainkan piano kerap menggunakan tehnik bermain boogie woogie style, dimana tangan kiri bermain chord dan tangan kanan untuk gaya bebas.
  • Gitar: Sama seperti piano, gitar bukan anggota keluarga instrumen jazz yang orisinil. Gitar baru mewarnai khazanah jazz pada awal abad ke-20.

Tokoh Jazz Dunia dan Indonesia

Sepanjang sejarah, ada beberapa figur yang menekuni bidang Jazz, baik berdarah Indonesia maupun asing. SapaKreatif telah mengumpulkan 5 tokoh musik jazz dunia dan Indonesia yang berperan besar terhadap perkembangan jazz.

  • Louis Armstrong: Beliau merupakan musisi terompet berdarah New Orleans, Amerika Serikat. Armstrong adalah pelaku jazz yang terkenal dengan gaya swing yang kental. Bagi kalian yang senang berkunjung ke toko buku seperti Gramedia, pasti pernah mendengar salah satu karyanya, yaitu What A Wonderful World.
  • Miles Davis: Miles Davis adalah seniman musik yang cukup multitalenta karena portofolio sangat luas, mulai dari jazz, rock, hingga R&B. Salah satu album jazz paling fantastis menurut SapaKreatif adalah Kind of Blue, dengan lagu Blue in Green yang sangat syahdu.
  • Bubi Chen: Chen merupakan musisi berdarah Indonesia yang menekuni instrumen piano. Beliau pernah dikukuhkan oleh Downbeat, sebuah majalah jazz tersohor di Amerika, sebagai 10 pianis jazz terhebat di dunia pada saat itu.
  • Jack Lesmana: Selain dikenal sebagai ‘Bapak Jazz Indonesia’ beliau juga merupakan ayahanda dari sutradara kondang Indonesia yang bernama Mira Lesmana. Musisi multi instrumen ini mempunyai darah Jember yang mengalir di dalam tubuhnya.
  • Ireng Maulana: Ireng maulana sempat mendalami rock sebelum terjun ke dunia jazz. Pada tahun 1978, Ireng Maulana menciptakan grup All Stars yang terdiri dari 8 pemain musik, yakni Benny Likumanhuwa, Hendra Wijaya, Maryono, Benny Pustapha, Karim, dan Roni.

Rangkuman

  • Secara filosofis, jazz merupakan keadaan jiwa dan raga seorang musisi yang tak terkekang dalam mengekspresikan dirinya; secara praktis, jazz ialah teknik bermain musik yang menekankan improvisasi dan berbagai konvensi lainnya.
  • Menurut catatan sejarah, jazz diciptakan pada awal abad ke-20 di New Orleans, Amerika Serikat, oleh kaum budak untuk menyampaikan isak tangis kekejaman hingga kebahagiaan yang mereka rasakan.
  • Ciri musik jazz adalah penerapan teknik sinkopasi, improvisasi, dan swing.
  • Alat musik jazz terdiri dari perkusi, biola, gitar, saxofon, dan piano.
  • Tokoh jazz yang patut diingat adalah Louis Armstrong, Miles Davis, Bubi Chen, Jack Lesmana, dan Ireng Maulana.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.